Selasa, 09 Maret 2010

TUGAS TIK

TUGAS TIK
Judul : Perkembangan Mouse Komputer
Nama : Istiqomah
NIM : 0910480095
Dosen Pengampu : Dr. Ir. H. Anton Muhibuddin MP.

Para pengguna komputer tentunya sangat mengenal perangkat keras komputer (Hardware) yang disebut dengan mouse. Mouse, atau yang dalam bahasa Indonesianya disebut tetikus, sering kita gunakan sehari-hari. Ternyata, banyak perkembangan mouse dari awal mulanya dibuat hingga mouse canggih yang sangat populer saat ini.
Mouse pertama kali ditemukan oleh Douglas Engelbart dari Stanford Research Institute pada tahun 1963. Saat itu bentuk mouse besar dan mengunakan dua buah roda yang tegak lurus untuk mendeteksi gerakan dari Sumbu X dan Y. Perkembangan mouse terjadi secara cepat baik secara bentuk maupun cara penggunaannya, namun perubahan bentuk yang canggih biasannya diikuti oleh cara penggunaan yang canggih pula, berikut ini adalah perkembangan mouse dari waktu ke waktu.


Mouse Bola
Perkembangan selanjutnya dilakukan oleh Bill English di Xerox PARC pada awal tahun 1970. Ia menggunakan bola yang dapat berputar kesegala arah, kemudian putaran bola tersebut dideteksi oleh roda-roda sensor didalam mouse tersebut. Pengembangan tipe ini kemudian melahirkan mouse tipe Trackball, yaitu jenis mouse terbalik dimana pengguna menggerakkan bola dengan jari.

Mouse Optikal





Mouse optikal pertama dibuat oleh Steve Kirsch dari Mouse Systems Corporation.Mouse jenis ini menggunakan LED (light emitting diode) dan photo dioda untuk mendeteksi gerakan mouse.
Mouse optikal saat ini bekerja dengan menggunakan sensor optik yang menggunakan LED sebagai sumber penerangan untuk mengambil beribu-ribu frame gambar selama mouse bergerak. Perubahan dari frame-frame gambar tersebut diterjemahkan oleh chip khusus menjadi posisi X dan Y yang kemudian dikirim ke komputer.

Mouse Laser


Mouse laser pertama kali diperkenalkan oleh Logitech, sering dikenal dengan nama Logitech MX 1000. Logitech mengklaim bahwa mouse laser memilki tingkat akurasi 20 kali lebih besar dari mouse optikal. Dasar kerja mouse optikal menggunaan laser kecil sebagai pengganti.


Mouse Wireles
Mouse ini menggunakan teknologi wireless seperti Infra Red, gelombang radio ataupun Bluetooth. Di antara jenis mouse wireles sebagai berikut.
Mouse pena serbaguna

Bentuk mousemirip ballpoint. Mouse hasil rancangan INNO ini mempunyai kegunaan cukup beragam. Dengan koneksi wireless, mouse ini dapat digunakan dalam radius 55 meter dari komputer. Dengan teknologi bluetooth, tentunya. mouse ini memiliki memory space sebesar 256 – 512 MB yang dapat dimanfaatkan sebagai penyimpan data layaknya sebuah flash disc.
Sysgration
Mouse plus phone VoIP

Fungsi utamanya tetap sama seperti mouse biasa. Tapi, begitu bagian atasnya dibuka, langsung berubah menjadi ponsel model flip. Selain keypad, mouse ponsel ini juga dilengkapi layar LCD monochrome. Memungkinkan untuk mengirim dan menerima SMS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar